• SMA NEGERI 8 JAKARTA
  • Cerdas, Tangguh, Peduli

Blog Guru: Membuat soal PG yang sesuai aturan

Membuat soal pilihan ganda yang baik memerlukan beberapa pertimbangan agar dapat menghasilkan soal yang valid, reliabel, dan mampu mengukur tujuan pembelajaran yang diinginkan. Berikut ini adalah beberapa tips untuk membuat soal pilihan ganda yang baik:

  1. Tentukan tujuan pembelajaran Sebelum membuat soal pilihan ganda, tentukan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai. Dengan mengetahui tujuan pembelajaran, Anda dapat membuat soal yang sesuai dengan tingkat kesulitan dan materi yang harus diuji.
  2. Hindari soal yang ambigu Pastikan soal yang Anda buat jelas dan mudah dipahami. Hindari menggunakan kata-kata atau kalimat yang ambigu atau menyulitkan, sehingga peserta ujian tidak bingung dalam memahami pertanyaan.
  3. Pilih jawaban yang benar secara acak Jangan selalu meletakkan jawaban yang benar pada pilihan A atau pilihan B. Sebaiknya, pilih jawaban yang benar secara acak agar tidak menunjukkan pola tertentu yang dapat membantu peserta ujian dalam menjawab soal.
  4. Jangan membuat pilihan yang mirip Pilihan yang mirip dapat membingungkan peserta ujian dan dapat menurunkan validitas soal. Pastikan pilihan yang diberikan berbeda dengan jelas, sehingga peserta ujian dapat memilih jawaban yang tepat dengan mudah.
  5. Berikan instruksi yang jelas Beri instruksi yang jelas pada peserta ujian tentang bagaimana cara menjawab soal, seperti berapa banyak jawaban yang harus dipilih atau bagaimana cara menandai jawaban pada lembar jawaban.
  6. Uji coba soal sebelumnya Sebelum menggunakannya pada peserta ujian, uji coba soal pada kelompok kecil untuk memastikan soal memiliki tingkat kesulitan dan reliabilitas yang sesuai.
  7. Hindari soal yang mengandung prasangka Hindari soal yang mengandung prasangka terhadap kelompok tertentu, seperti soal yang mengandung stereotip gender atau etnis.
  8. Berikan umpan balik pada peserta ujian Setelah ujian selesai, berikan umpan balik pada peserta ujian tentang jawaban yang benar dan alasan kenapa jawaban tersebut benar. Hal ini dapat membantu peserta ujian memperbaiki kesalahan mereka dan memahami konsep yang diuji dengan lebih baik.

Dengan memperhatikan beberapa tips di atas, Anda dapat membuat soal pilihan ganda yang baik dan dapat mengukur tujuan pembelajaran yang diinginkan.

Berikut brankas penulisan soal dari saya, pakai dan sebarkan tidak masalah… terima kasih.

https://drive.google.com/drive/folders/14O0RABxa19prBdVws1cuLcQg91z-NzEn?usp=share_link

 

Komentari Tulisan Ini
Tulisan Lainnya
Blog Guru: Mutu Guru Pasti Meningkat

Salah satu organisasi di keguruan adalah MGMP. Siapa yang tidak kenal dengan MGMP. MGMP merupakan wadah guru untuk saling mengembangkan diri dan aktualisasi kebersamaan dalam keilmuan.

10/08/2023 05:20 - Oleh Wangsa Jaya - Dilihat 642 kali
Blog Guru: Senior yang tetap menjadi teladan di SMAN 8 Jakarta

Hari ini tidak bicara aturan, tata tertib ada disiplin. Hari ini hanya bicara teladan atau contoh baik atau sekarang dikenal sebagai praktik baik. Dalam proses pembelajaran, praktik bai

03/08/2023 07:42 - Oleh Wangsa Jaya - Dilihat 622 kali
Blog Guru: Ulang tahun yang ke-65 SMAN 8 Jakarta

Ditahun 1985, saat saya memasuki gerbang sekolah, diterima di SMAN 8 Jakarta, di ruang samping piket, oleh pak Djoni Alfonso, guru Ganteng banget dan amat sopan tutur katanya. Bahagia b

01/08/2023 10:48 - Oleh Wangsa Jaya - Dilihat 824 kali
Blog Guru: Membuat assesman atau penilaian yang baik

Salah satu tugas guru adalah memberikan penilaian kepada para siswa. Penilaian bentuknya bisa berbagai macam. Hal ini bisa kita lihat di RPP yang kita buat. Asesmen atau penilain mempun

16/07/2023 11:30 - Oleh Wangsa Jaya - Dilihat 994 kali
Blog Guru: Disiplin itu penting

penting Lembaga pendidikan merupakan agen perubahan, karenanya pendidikan akan kedipsiplinan menjadi bagian utama dalam pembelajaran keseharian. Disiplin dimulai dari gurunya ber

15/07/2023 17:42 - Oleh Wangsa Jaya - Dilihat 925 kali
Blog Guru: Budaya Positif di keseharian SMAN 8 Jakarta

Karakter siswa SMAN 8 Jakarta hampir dipastikan sebagai sebuah proses perjalanan panjang, sehingga saat mereka lulus, banyak guru akan berkata:"alhamdulillah anak itu sudah jadi". Pasti

15/07/2023 14:31 - Oleh Wangsa Jaya - Dilihat 788 kali
Blog Guru: ATURAN MENULIS, MENULIS DENGAN ATURAN

Salah satu kegiatan penting seorang guru adalah membuat evaluasi dalam proses pembelajaran. Soal ujian adalah salah satu teknik evaluasi yang baik, harus terukur dan validitas soal terj

11/07/2023 13:52 - Oleh Wangsa Jaya - Dilihat 659 kali